Kepala Desa atau sebutan lain adalah
pejabat pemerintah Desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk
menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari Pemerintah
dan Pemerintah Daerah
Dalam menjalankan tugas, pada setiap tahun anggaran kepala desa
berkewajiban membuat dan menyusun laporan pertanggungjawaban kinerja atas
penyelenggaraan pemerintahan Desa.
Laporan Kepala Desa adalah proses kegiatan pelaporan
penyelenggaraan pemerintahan desa oleh Kepala Desa kepada Bupati/Walikota
melalui Camat.
Dalam Pasal 2 Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa.
Terdapat empat laporan penyelenggaraan pemerintahan Desa yang wajib dibuat
dan disusun oleh Kepala Desa, yaitu:
v Laporan
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran;
v Laporan
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir masa jabatan;
v Laporan Keterangan
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran; dan
v Informasi
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
Kok banyak sekali sih laporan kades sekarang? Peraturannya
memang begitu pak Kades. Mau tidak mau, laporan kinerja harus dibuat dan
disusun.
Lalu, bagaimana cara membuat dan menyusunnya? Disini kami akan
membantu mempermudah cara menyusun keempat laporan kades tersebut berserta
formatnya.
Format Laporan Kepala Desa yang pertama, yaitu Laporan
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran, atau yang sering
disingkat dengan LPPD Akhir Tahun Anggaran.
Kapan LPPD akhir tahun anggaran diserahkan?
Tiga bulan sejak berakhirnya tahun anggaran (Bulan Maret tahun
berkenaan) Kepala Desa membuat Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa / LPPD
akhir tahun anggaran. Disampaikan kepada Bupati/Walikota melalui Camat.
Apa saja muatan materi LPPD akhir tahun anggaran?
Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran
dibuat dengan sistematika, sebagai berikut:
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
- Tujuan penyusunan laporan
- Visi dan misi penyelenggaraan pemerintahan desa
- Strategi dan kebijakan
BAB II LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA
- Program Kerja penyelenggaraan Pemerintahan Desa
- Program Kerja Pelaksanaan Pembangunan
- Program Kerja Pembinaan Kemasyarakatan
- Program Kerja Pemberdayaan Masyarakat
- Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
- Keberhasilan yang dicapai, Permasalahan yang dihadapi dan Upaya yang ditempuh.
BAB III PENUTUP
- Kesimpulan Laporan
- Penyampaian ucapan terima kasih
- Saran dan permohonan petunjuk serta arahan lebih lanjut
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran laporan rekapitulasi jumlah penduduk pada akhir bulan Desember
Lampiran laporan rekapitulasi jumlah penduduk pada akhir bulan Desember
Secara lengkap sistematika penyusunan laporan silahkan dilihat
dalam Format Laporan Kepala Desa.
Secara lengkap dan detil draf Format Laporan Penyelenggaraan
Pemerintahan Desa akhir tahun anggaran, dapat di unduh di menu Format Desa.
Silahkan dilakukan pengeditan dan menyesuaikan sesuai kondisi desa
masing-masing.[admin]